Follow Us on Twitter

Latar belakang

Indonesia sesungguhnya memiliki potensi menjadi bangsa yang unggul bahkan adidaya. Bakat-bakat sumber daya alam dan manusia begitu melimpah, walau belum dioptimalkan kemampuan dan daya gunanya. Banyak putra bangsa yang telah mengarumkan merah putih dalam kancah pergaulan dunia. Dan merekalah yang senantiasa membanggakan negeri ini melebihi segalanya.
Salah satunya Dr. Warsito, lahir di Solo pada tahun 1967. Ia adalah seorang penemu alat pemindai tubuh (tomografi) yang lebih murah dan akurat yang dinamakan ECVT (electrical capacitance volume tomography)Dr. Warsito, staf khusus Menristek, menekankan akan pentingnya pemanfaatan SDM yang ada di luar negeri untuk mendukung pembangunan IPTEK di Indonesia. Dalam makalah yang disampaikannya, Dr. Warsito menyatakan bahwa jaringan ilmiah internasional adalah merupakan salah satu kunci penting keberhasilan inovasi teknologi. Dengan jaringan ilmiah tersebut kita menguatkan sumber daya manusia dan pemasaran produk ilmiah yang berupa teknologi itu sendiri.

Penemu teknologi pemindai (ECVT) 4 dimensi pertama di dunia ini menjelaskan bahwa kemampuan individu manusia Indonesia banyak yang menonjol, bahkan tidak kalah dengan negara lain. SDM yang berada di luar negeri mempunyai posisi yang strategis. Mereka harus dapat memanfaatkan keberadaannya untuk membangun bangsa Indonesia. Walaupun tidak sedikit kekurangan di tanah air, akan tetapi pemerintah Indonesia terus melakukan perbaikan-perbaikan demi kemajuan bangsa ini.

Peraih Achmad Bakrie Award 2009 di bidang teknologi, Dr. Warsito, menekankan bahwa sekarang pemerintah memberikan perhatian yang lebih serius kepada para peneliti dan UKM yang ingin mengembangkan inovasi yang dimilikinya, dengan memberikan bantuan dana segar bagi mereka yang ingin mengembangkan inovasi menjadi sebuah teknologi yang bermanfaat bagi bangsa Indonesia. Dengan prinsip memberikan perhatian kepada kelompok kecil yang potensial lebih efektif dengan tingkat keberhasilan yang tinggi dibandingkan membangun industri dalam skala besar.

Diskusi yang dilakukan dengan sambungan telpon internasional ini memberikan angin segar bagi SDM bangsa Indonesia yang berada di Amerika dan Kanada untuk lebih cerah menatap ke depan demi kemajuan bangsa Indonesia. Ada beberapa peserta diskusi yang menjadi sadar dan tergugah bahwa posisi strategis yang dimilikinya adalah sebuah kesempatan yang besar yang perlu diwujudkan dalam bentuk yang bermanfaat bagi bangsanya
Category: 0 komentar

0 komentar:

Poskan Komentar